TheMandalikaGP

100 Tahun Sudah Suzuki Berkiprah Di Kejuaraan Motor, Seperti Ini Sejarahnya!

THEMANDALIKAGP – Minggu lalu Suzuki merayakan hari jadinya ke 100 tahun, wah sudah lama ya ternyata. Manufaktur asal Jepang yang telah berkiprah di dunia balap motor selama 60 tahun ini sukses menjadi manufaktur motor yang inovatif sehingga menjadi acuan manufaktur lain diseluruh dunia.

Perjalanan panjang Suzuki dimulai dengan balapan yang diikuti pada tahun 1960an dengan motor 125 cc dan balapan sepanjang 3 lap. Kemenangan sebanyak 157 kali terus hinggap pada Suzuki selama bertahun tahun setelah debut pertamanya.

Suzuki memang menjadi acuan bagi pabrik motor diseluruh dunia, terbukti dengan inovasi nya membawa motor dengan mesin 2 tak ke kelas 500 Cc dimana saat itu para Pabrikan Eropa masih menggunakan mesin 4 tak.

Mesin 2 tak milik Suzuki ini membuat Barry Sheene membawa kemenangan di tahun 1976 dan 1977 bagi Suzuki diikuti dengan Marco Lucchinelli dan Franco Uncini pada awal 80an. Namun penggunaan mesin 2 tak ini harus berhenti pada awal tahun 2000an.

Setelah tahun 2000, Suzuki kembali menggunakan mesin 4 tak dan Chris Vermeulen membawa kemenangan untuk Suzuki pada tahun 2007 di Le Mans. Kemudian Maverick Vinales membawa kemenangan Suzuki setelah 9 tahun lamanya. Tahun lalu  Alex Rins juga kembali mempersembahkan podium utama.

Sejarah panjang Suzuki menunjukan bahwa mereka adalah Pabrikan motor yang kuat dan memiliki sejarah yang begitu panjang. Sekarang nasib Suzuki ada ditangan Rins dan Joan Mir yang akan meneruskan tradisi juara setelah 60 tahun masa keemasan.

Post a Comment