TheMandalikaGP

Aturan Baru MotoGP 2020, Mulai Dari Konsesi, Hingga Nasib Pembalap Wildcard

THEMANDALIKAGP – Grand Prix Commision yang terdiri dari Dorna Sports, FIM, IRTA dan MSMA telah memutuskan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan MotoGP 2020. Pada rapat daring yang diselenggarakan pada 30 April 2020 dan 7 Mei 2020, serangkaian keputusan dibuat berdasarkan situasi kondisi terkini akibat dari pandemi covid-19.

Akibat dari pandemi covid-19 menyebabkan beberapa seri MotoGP harus dikurangi, berarti akan memungkinkan adanya tim pabrikan non-konsesi untuk mendapatkan konsesi pada 2021 berdasarkan hasil di beberapa race, maka dengan ini dibuat perubahan sebagai berikut: pada musim 2020, konsesi dihilangkan tapi tidak bisa didapatkan, regulasi saat ini digunakan pada saat konsesi dihilangkan, dan semua poin konsesi yang didapatkan pada musim 2020 oleh pabrikan konsesi akan memiliki masa berlaku selama 2 tahun.

Terkait dengan homologasi mesin khusus, pabrikan dengan konsesesi   akan ditunda, berarti untuk KTM dan Aprilia sekarang harus mengirimkan sampel mesin pada Technical Director hingga 28 Juni 2020.

Kemudian tentang pembalap wildcard, Grand Prix Commision sepakat untuk menunda balapan bagi para pembalap wildcard untuk musim ini dikarenakan pembatasan peserta di paddock dan pengurangan biaya asuransi untuk semua tim pabrikan MotoGP. Namun, hal ini akan kembali diputuskan pada musim 2021 mendatang.

Post a Comment