TheMandalikaGP

Bebapa Seri Ditunda, MotoGP Tetap Lakukan Homologasi Secara Jarak Jauh

THEMANDALIKAGP – Meskipun beberapa seri MotoGP ditunda,  pengawasan terkait spesifikasi mesin motor tetap dilakukan meskipun dari jarak jauh. Para tim tetap mengirimkan sampel mesin dan gambar digital aero body untuk menyelesaikan homolagasi yang seharusnya dilakukan pada seri pertama. Mesin motor MotoGP harus memiliki kualifikasi yang sama untuk satu musim penuh.

FIM, IRTA, MSMA dan Dorna Sports sepakat untuk tetap menilai homologasi mesin secara jarak jauh dan menggunakan sistem digital agar semua motor yang dipakai dalam satu seri memiliki kualifikasi yang setara. Biasanya, tim pabrikan diberikan dua pilihan, yakni mengirim daftar suku cadang mesin, menyediakan alat pembanding beserta data verifikasi bahwa tidak ada mesin yang diubah atau mereka menyiapkan gambar digital. Pada umumnya, tim pabrikan memilih opsi yang pertama.

Honda adalah satu-satunya tim pabrikan yang mengirim semua sampel suku cadang mereka selama di Qatar. Hal ini dilakukan karena kondisi di Qatar semakin mereda jadi mereka mengirim sampel yang benar-benar sama seperti yang digunakan pada motor-motor mereka untuk seri tahun ini.

FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna tetap mengupayakan sistem yang sederhana bagi para tim pabrikan namun tetap berpengang teguh pada peraturan, jadi meskipun beberapa seri ditunda untuk penilaian spesifikasi mesin dan homologasi ini tetap dilakukan

 

Post a Comment