TheMandalikaGP

Did You Know? 5 Fakta Unik Circuit Jerez Angel de Nieto Spanyol

THEMANDALIKAGP – MotoGP musim 2020 kali ini dimulai Sirkuit Jerez Angel de Nieto pada 17 – 19 Juli lalu dan berlanjut pada 24 – 26 Juli mendatang. Nah sirkuit balapan motor tertua ini ternyata menyimpan fakta-fakta unik yang perlu kalian ketahui sebagai pecinta balap motor!

1. Pertama Kali Mengadakan Balapan Pada 1987

Untuk pertama kalinya sirkuit Jerez mengadakan kejuaraan motor pada tahun 1987. Kejuaraan yang diselenggarakan setiap tahun itu melahirkan banyak legenda balap asal Spanyol seperti Jorge ‘Aspar’ Martínez, Àlex Crivillé, Sito Pons, Alberto Puig, Fonsi Nieto, Sete Gibernau, Jorge Lorenzo dan Álvaro Bautista.

Sumber: https://www.instagram.com/circuito_de_jerez/

2. Sirkuit Jerez Kenang Legenda Balap Spanyol

Pada tahun 2018, sirkuit Jerez mengubah namanya menjadi sirkuit Jerez Angel de Nieto untuk mengenang legenda balap asal Spanyol, Angel Nieto Roldan. Sayangnya, Angel Nieto Roldan tidak sempat merasakan sirkuit tersebut karena wafat dalam insiden kecelakaan pada Agustus 2017 silam.

Instagram @circuito_de_jerez

3. Abadikan Legenda Balap Dengan Nama Tikungan

Beberapa nama jawara balap motor diabadikan menjadi nama tikungan seperti di tikungan kelima “Curva Sito Pons”, tikungan keenam “Curva Dani Pedrosa” dan tikungan kedelapan “Curva Jorge Martinez Aspar”

Sumber: https://www.instagram.com/circuito_de_jerez/

 

4. Bangunan Unik Berbentuk Pesawat UFO

Ada bangunan unik di sirkuit Jerez, terletak di titik start bangunan ini berbentuk seperti piring terbang ruang angkasa atau UFO . Bangunan tersebut dibangun pada tahun 2002.

Sumber: https://www.instagram.com/circuito_de_jerez/

5. Gelar Juara Terbanyak Bukan Dimiliki Pembalap Asal Spanyol

Gelar juara kelas MotoGP terbanyak di Jerez dimiliki oleh pembalap asal Italia yakni Valentino Rossi. Namun di seri kali ini kemenangan itu di sabet oleh Fabio Quartararo asal Perancis.

Source: https://www.instagram.com/valeyellow46/

Nah itu tadi 5 fakta unik di Sirkuit Jerez Angel de Nieto. Pastinya sirkuit Mandalika juga punya keunikan tersendiri salah satunya sirkuit ini akan menjadi sirkuit dengan lintasan tercepat yang pernah ada! Jadi makin gak sabar nonton Indonesian GP 2021 di sirkuit Mandalika!

Post a Comment