TheMandalikaGP

Dovizioso Khawatir Keselamatan Pembalap Jika Melepas Winglet Saat Bertanding Di Australia

THEMANDALIKAGP – Musim balap baru identik dengan peraturan baru juga, di musim 2020 ini ada satu peraturan baru yang menciptakan polemik diantara para pembalap. Salah satu peraturannya adalah pembalap diizinkan untuk melepas winglet dari motor pada saat mereka tampil di Australia.

Hal ini dilakukan karena Australia mengalami angin kencang pada saat MotoGP 2019 yang menyebabkan Miguel Oliveira mengalami insiden. Belajar dari kesalahan, peraturan baru tersebut juga memiliki alasan teknis yakni melepas winglet dari bada aero tidak akan mempengaruhi profil eksternal faring yang dihomologasi dan ini hanya berlaku di Australia.

Pembalap Dovizioso menjadi pembalap yang kontradiktif dalam menanggapi peraturan tersebut. Menurutnya melepas winglet akan membuat bagian depan motor jadi rendah dan itulah yang dibutuhkan motor pada saat terjadi badai angin. Meskipun winglet juga memiliki sisi negatif seperti pada saat melaju miring, penggunaan winglet ini akan menyebabkan motor jadi jauh lebih berat, namun tetap aman jika berhadapan dengan angin.

“Saya tak mengerti siapa yang bilang berkendara tanpa winglet di Phillip Island itu lebih baik. Saya tak yakin soal ini. Saya rasa winglet membuat bagian depan motor kami tetap rendah, dan ini jauh lebih baik untuk kondisi berangin,” katanya dilansir dari Crash.

Dovizioso tetap berharap ada perubahan dalam peraturan yang dkemukaan oleh Philip Island demi keselamatan para pembalap.

Post a Comment