TheMandalikaGP

Hatsumi Tsukamoto: Pentingnya Kuasai Bahasa Asing Di Dunia MotoGP

THEMANDALIKAGP – Membahas tentang kaum hawa yang berkontribusi dalam perhelatan MotoGP memang tidak ada habisnya. Kali ini datang dari wanita berkebangsaan Jepang yakni Hatsumi Tsukamoto yang bekerja sebaga marketing operations dan relation untuk Tim Suzuki Ecstar. Jarang-jarang kan kita akan membahas wanita Asia dalam sesi ini.

Tidak pernah terfikir oleh Hatsumi bahwa dirinya akan berkarir di MotoGP. Hatsumi muda bercita-cita ingin menjadi seorang pramugari dan kemudian ia juga ingin menjadi penerjemah untuk film karena kemampuan bahasa Inggrisnya yang diaas rata-rata. Namun nasib berkata lain, Hatsumi ternyata berkarir di MotoGP sebagai seorang interpreter dan penerjemah untuk pembalap Jepang.

“When I stepped into this environment there weren’t many people in Japan who spoke English well, so I started helping Japanese riders. I knew there were many talents but, due to the language or the difficulties of leaving the island to fly to Europe, they did not have a great chance to get noticed by the western teams,”

“Ketika saya menjejakan kaki di lingkungan ini dimana tidak banyak orang Jepang yang bisa berbahasa Inggris dengan baik, jadi saya memutuskan untuk membantu pembalap Jepang. Saya tau ada banyak talenta, tapi ketika mereka kesulitan dalam bahasa, mereka tidak punya kesempatan untuk dilirik oleh tim barat” ucapnya dilansir dariĀ motogp.com

Awalnya Hatsumi belum terbiasa dengan kultur Eropa yang harus ia hadapi, sebagai seorang wanita Asia dia merasa penuh tekanan dan pada tahun 90an Jepang juga belum mengenal banyak budaya Eropa. Namun kali ini Hatsumi sangat menikmati pekerjaannya, meskipun saat pertama ia berkarir tidak ada satupun yang mengarahkannya.

Hatsumi memberikan beberapa nasihatnya untuk para wanita diseluruh dunia yang bermimpi untuk bergabung dalam MotoGP. Ia mengatakan bahwa penting bagi kita belajar 2 bahasa asing, terutama bahasa Italia dan budaya Eropa agar bisa beradaptasi dengan lingkungan secara baik.

 

 

Post a Comment