TheMandalikaGP

Indonesian GP 2021 Akan Serap Ratusan Ribu Tenaga Kerja Di Seluruh Indonesia

THEMANDALIKAGP – Selain persiapan infrastruktur, Indonesian GP juga akan menyerap ribuan SDM dari NTB dan seluruh Indonesia. Sebelumnya, CEO MGPA Ricky Baheramsjah mengkonfirmasi bahwa “Untuk memenuhi kebutuhan perangkat pertandingan dari unsur lokal, kami bekerjasama dengan IMI akan melakukan pelatihan bagi sekitar 300 orang warga NTB” ucapnya.

Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) NTB, M. Nur Haedin menyampaikan bahwa IMI telah melakukan koordinasi lanjutan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola KEK Mandalika terkait tenaga pendukung Indonesian GP 2021.

“Tugas kita (IMI, Red) adalah menyiapkan tenaga teknis termasuk marshall. Kalau untuk rice director dan lain-lain itu semuanya dari FIM, tapi anggotanya nanti dari IMI pusat dan IMI NTB juga ada,” ujarnya, Selasa, 17 Desember 2019 di Mataram.

Hal lain yang diungkapkan Haedin, tenaga kerja yang akan di butuhkan pada saat penyelenggaraan event tersebut akan dilatih secara khusus selama satu tahun dan tidak menutup kemungkinan akan lebih dari 300 orang tenaga kerja yang akan dibutuhkan. “Bisa jadi kita butuh lebih dari 600 orang untuk kegiatan (balap) selama tiga hari itu,” ujarnya.

Proses perekrutan ini dilakukan secara terbuka oleh IMI dan ITDC. Para calon tenaga kerja harus memiliki latar belakang yang sesuai. Selain itu, FIM dan Dorna juga dipastikan akan membutuhkan banyak tenaga teknis untuk mendukung ketika balap berlangsung. Terkait pemenuhan target tenaga kerja, bisa dari wilayah NTB maupun seluruh Indonesia.

“Jadi kalau tenaga yang qualified (memenuhi kualifikasi) tidak ada di NTB, memang akan diambilkan di sejumlah provinsi yang memiliki tenaga ahli,” ujarnya. Seluruh proses rekrutmen akan dipastikan pada Rakernas IMI di Jakarta pada 18-19 Januari mendatang.

Post a Comment