TheMandalikaGP

Jelang Race Pertama, Michelin Fokus Dengan Spesifikasi Ban Untuk Sirkuit Jerez

THEMANDALIKAGP – Selain pembalap dan motor balapnya, ternyata ada juga bagian dari MotoGP yang sedang membenahi kualitas. Michelin, pemasok ban utama untuk motor MotoGP saat ini sedang melakukan penyempurnaan kualitas ban jelang race pertama pada tanggal 19 Juli mendatang.

Menurut Piero Taramasso dilansir dari GPOne kebanyakan para tim pabrikan dan satelit sudah menemukan pengaturan ban nya masing-masing dan para pembalap juga sudah beradaptasi. Namun ada dua tim yakni Ducati dan Honda yang masih membutuhkan penyesuaian.

Penyempurnaan ini terus dilakukan karena setiap sirkuit memiliki kondisi trek dan cuaca yang berbeda terlebih lagi perubahan jadwal MotoGP ini juga berpengaruh bagi perusaan penghasil ban Michelin.

“Kami tetap lanjut bekerja untuk menganalisis data lebih detail dan kami sedang mempersiapkan beberapa pilihan dan fokus pada sirkuit serta waktu pelaksanaannya. Sirkuit Jerez mendapat perhatian lebih karena awal mulanya dilaksanakan pada Mei lalu berubah menjadi Juli dimana temperaturnya akan meningkat. Ini mengakibatkan perubahan yang cukup besar” ucap Taramasso

Misalnya di Jerez yang awalnya dimulai pada Mei lalu berubah di Juli, dengan demikian akan terjadi perubahan kondisi cuaca pada balapan dimana suhu cuaca disana akan naik 10 hingga 15 derajat. Sebelum race dimulai akan ada uji coba pada hari Rabu, kesempatan itu akan digunakan Michelin untuk menguji daya tahan ban buatan mereka.

Michelin membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk memproduksi ban dan hingga saat ini stok yang mereka punya cukup hingga 5 balapan di 4 sirkuit.

Piero Taramasso, track racing manager Michelin mengakui bahwa ada kesulitan pada saat balapan dilakukan di beberapa sirkuit yang berbeda. Tim nya harus membawa kurang lebih 1,200 ban tapi memang tidak semuanya digunakan. Untuk double race nanti, Michelin harus membawa serta 2,400 ban secara bertahap.

 

Post a Comment