TheMandalikaGP

Kenapa Kawasaki Enggan Kembali Ke MotoGP?

THEMANDALIKAGP – Kawasaki memang telah merajai ajang World Superbike, sejak tahun 2008 Kawasaki menarik armadanya dari MotoGP dan fokus di World Suerbike. Pada tahun 2009, Kawasaki menurunkan pembalapnya dari Hayate Team dengan Marco Melandri dan itu adalah tahun terakhir Kawasaki di MotoGP setelah memutuskan untuk bergabung dengan World Superbike.

Diajang World Superbike Kawasaki mendapatkan sukses besar, mereka menang disemua kelas dan meraih gelar enam juara dunia lewat Tom Sykes dan Jonathan Rea. Apalagi dengan Rea, Kawasaki adalah tim yang tidak terkalahkan sepanjan 5 musim berturut-turut.

Prestasi Kawasaki ini lah yang membuat promotor MotoGP, Dorna Sports meminta Kawasaki untuk kembali ke ajang MotoGP. Namun

Project Leader Ninja ZX-10RR, Yoshimoto Matsuda, dan Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda mengatakan bahwa Kawasaki tidak akan kembali bergabung dengan MotoGP karena membutuhkan dana yang besar untuk melaju dilintasan balap tersebut.

“Keputusan dari bagian finansial kami, ajang MotoGP masih terlalu mahal untuk Kawasaki. Kawasaki butuh dana 10 kali lipat dibandingkan WorldSBK. Kami pun tidak bisa meyakinkan manajemen kami jika nanti kami hanya mendapatkan finish kelima di MotoGP. Itulah alasan WSBK jauh lebih sesuai dengan Kawasaki jika dilihat dari sisi finansial” ucap Yoda.

Post a Comment