TheMandalikaGP

Kisah Legenda MotoGP Mike Hailwood Ciptakan Sejarah Untuk Honda

THEMANDALIKAGP – Pertama kali dalam sejarah tim pabrikan Jepang, Honda mendapatkan gelar juara pertama yang didapatkan oleh Mike Hailwood di kelas 250 cc. Pekan lalu peringatan hari kelahiran sang legenda balap motor asal Inggris yakni Stanley Michael Bailey “Mike” Hailwood yang ke-80. Seorang legenda yang mengumpulkan sembilan gelar juara, 76 kali kemenangan grand priz dan 112 podium sepanjang karirnya di kejuaraan balap motor. Total ia sudah mengikuti 197 grand prix, tidak hanya itu dia juag dua kali mencapai podium di kejuaraan dunia F1. 

Mike Hailwood mencatat sejarah dalam perjalanan karir tim pabrikan Honda, Hailwood membawakan gelar juara dunia pertama untuk Honda pada tahun 1961 di TT Norton dan menjadi pembalap termuda dimasanya. Enam tahun kemudian, dia juga menorehkan sejarah dengan memenangkan tiga grand prix dalam satu hari di Assen. Hailwood memenangkan tiga kelas sekaligus antara lain 250 cc, 350 cc dan 500cc setelah menjajal lintasan sepanjang 436 km.

Kemudian Hailwood berpindah haluan ke roda empat dan mengikuti beberapa kejuaraan. Tidak hanya sekedar mengikuti, dengan tekat yang besar, Hailwood meraih kemenangan pada tahun 1973 hingga 1978. Ia pun memutuskan untuk kembali ke roda dua dan mengikuti kejuaraan dunia yang berbahaya pada usia ke 38 tahun. Namun, tiga tahun setelahnya Hailwood dan putrinya yang berusia sembilan tahun meregang nyawa dalam kecelakaan lalu lintas.

Sosok Hailwood juga menjadi semangat bagi Nick Harris untuk meraih impiannya. Nick Harris terkejut saat ia menonton kejuaraan dunia pertama, Hailwood melawan penantang baru Giacomo Agostini, keduanya mengalami crash di tempat yang sama namun Hailwood tetap bertahan dengan mengendarai MV Agusta untuk meraih kemenangan.

 

Post a Comment