TheMandalikaGP

Kurangi Biaya, MotoGP Hentikan Homologasi Spesifikasi Mesin Hingga 2021

THEMANDALIKAGP – Pandemi corona telah membawa dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat dunia, termasuk dalam pelaksanaan MotoGP itu sendiri. Perwakilan organisasi dan manufaktur MotoGP telah mengadakan rapat yang membahas mulai dari revisi kalender MotoGP dan regulasi untuk Musim 2020 hingga 2021.

Sebelumnya, semua pabrikan tidak melakukan konsesi untuk menghomologasi spesifikasi mesin pada satu musim. Pabrikan diperbolehkan untuk menghomologasi spesifikasi yang berbeda untuk pembalap di tim independen dan sampai sekarang pabrikan dengan konsesi tidak memiliki batasan dan dapat mengubah spesifikasi sewaktu-waktu. Namun akibat dari “pengiritan” biaya karena pandemi covid-19, maka dilakukan serangkaian perubahan.

Untuk kelas MotoGP, awalnya para pabrikan diperbolehkan untuk memberikan dua aero body design untuk setiap pembalap di setiap musim dan mereka sudah memulainya di Qatar. Namun pada musim 2020 tidak akan ada pembaruan homolagasi dan ini berlaku untuk semua pabrikan dengan ataupun tanpa konsesi.

Kemudian untuk musim 2021, pabrikan dengan dan tanpa konsesi harus memulai musim 2021 menggunakan mesin atau bagian yang telah dihomologasi pada Maret 2020. Khusus pada event pertama 2021, para pembalap hanya diperbolehkan memilih antara mesin atau spesifikasi aero-body yang dihomologasikan pabrikan pada tahun 2020.

Semoga perubahan ini tidak mempengaruhi performa pembalap favorit kita ya!

Post a Comment