TheMandalikaGP

MotoGP Closed Door Bakal Pengaruhi Finansial Sirkuit

THEMANDALIKAGP – Dorna Sports tinggal menunggu lampu hijau dari Pemerintah Spanyol untuk segera mengadakan race pertama MotoGP musim 2020. Belum mendapat persetujuan, promotor sirkuit Misano telah mengatakan bahwa mereka siap dan optimis untuk menjadi venue MotoGP setelah Jerez dengan berbagai protokol kesehatan covid-19 termasuk closed-door event.

Promotor sirkuit Misano tengah megatur strategi sedemikian rupa agar tetap mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat meski MotoGP diadakan tanpa penonton. Hal ini pun juga disinggung oleh mantan CEO Sepang circuit Razlan Razali pada crash.net.

Razali mengatakan, akibat dari pandemi covid-19 ini santer diberitakan bahwa Kementerian Kesehatan Malaysia meniadakan event yang melibatkan jumlah masa yang besar untuk 6 bulan. Meski masih wacana, namun hal ini perlu diantisipasi oleh CEO Sepang Circuit yang baru. Razali juga menambahkan bahwa hal yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan ekonomi dimana Malaysia menjadi sirkuit dengan pendapatan terbanyak pada saat event MotoGP berlangsung.

“Speaking from my experience at the Sepang circuit and as a promoter I think we need to have a balance financially, because our grand prix sells out nearly every year. We are highly dependent on the revenue from ticket sales, F&B [food & beverage], trade & vending, and so on. So that will materially impact us financially, if its closed doors.”

“Berdasarkan pengalaman saya di sirkuit Sepang dan sebagai promotor, saya rasa kita harus memiliki keseimbangan finansial karena tiket grand prix kita selalu habis setiap tahun. Kami sangat bergantung pada keuntungan penjualan tiket, penjualan makanan dan minuman, pedagang. jadi jika MotoGP dilansungkan secara closed door, ini akan berdampak pada kondisi finansial kita” tandasnnya

Pada kalender MotoGP sebelumnya, Malaysian GP jatuh pada akhir tahun dimana Sepang Circuit akan memiliki banyak waktu untuk melakukan perubahan termasuk perubahan finansial. Meski demikian, promotor Sepang Circuit masih mengamati segala perubahan yang terjadi pada pelaksanaan MotoGP 2020.

 

Post a Comment