TheMandalikaGP

MotoGP Inside: Apa Perbedaan MotoGP Dan Superbike?

THEMANDALIKAGP – Apakah kamu pernah mendengar balap WSBK (World Super Bike)?, jika iya pasti kalian tahu betul seperti apa lomba balap motor yang diselenggarakan setiap tahun ini. Loh? Lalu MotoGP? Bukannya balap motor juga ya?. MotoGP dan WSBKadalah balap motor tingkat dunia tapi keduanya memiliki perbedaan yang besar loh.
Meskipun sama-sama dinaungi oleh Dorna dan Federation Internasionale de Motocyclisme (FIM), keduanya memiliki perbedaan regulasi seperti dalam penentuan tanggal balapan dimana pada tahun 2019 MotoGP memiliki 19 seri yang dimulai di Grand Prix Qatar di Sirkuit Losail pada 10 Maret dan berakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada tanggal 17 November, maka balapan WSBK 2019 berlangsung 13 seri yang diawali oleh seri Australia (pada 24 Februari) dan berakhir di seri Qatar (26 Oktober). Jika dilihat dari jadwal, masing-masing seri baik WSBK dan MotoGP tidak ada yang bentrok seperti pada tahun 2020 dan dilaksanakan di sirkuit yang berbeda-beda
Selain soal sirkuit dan penjadwalan, perbedaan MotoGP dan WSBK adalah dalam hal spesifikasi mesin. Motor yang digunakan dalam ajang WSBK adalah motor yang diperjual belikan secara umum berbeda dengan MotoGP yang memang diperuntukan untuk adu kecepatan di lintasan sirkuit .
Dilansir dari situs resmi WSBK, perbedaan yang paling terlihat dari balap WSBK adalah pada sesi latihan bebas dan kualifikasi sesi race. MotoGP yang kita ketahui selalu menggelar 4 sesi latihan bebas dengan hasil pertama, kedua dan ketiga sangat menentukan kualifikasi pembalap, apakah masuk kedalam kualifikasi pertama atau kualifikasi kedua. Ini berdasarkan urutan waktu terbaik.
Sedangkan di SBK hanya melakukan 2 kali latihan bebas dan diperuntukan untuk mencoba sirkuit, jadi disetiap seri pembalap hanya melakukan 2 kali balapan dan penentuan posisi start harus dilakukan dengan kualifikasi yang bernama Superpole. Nantinya posisi start di balapan kedua akan ditentukan oleh hasil balapan pertama.
Beda dengan Superbike yang hanya melakukan 2 kali latihan bebas dan benar-benar diperuntukkan untuk mencoba sirkuit. Selain itu, di setiap seri yang dijalani pembalap WSBK akan melakukan 2 kali balapan. Adapun penentuan starting grid (posisi start) di race pertama Superbike melakukan sesi kualifikasi yang disebut Superpole sementara posisi start di balapan kedua ditentukan oleh hasil balapan pertama dan seterusnya.

Post a Comment