TheMandalikaGP

MotoGP Inside: Seperti Apa Ban Motor Yang Digunakan Dalam Sekali Balap?

THEMANDALIKAGP – Motor MotoGP memiliki spesifikasi yang berbeda dengan motor pada umumnya, mulai dari design hingga mesin yang digunakan termasuk ban yang digunakan. Ban yang digunakan motor MotoGP bukan ban biasa loh,ternyata ban motor itu tidak dibeli pabrikan tapi hanya dipinjamkan saja serta tidak untuk produksi masal dan komersil.

Dikutip dari motorcycle.com, Michelin adalah pemasok tunggal ban MotoGP selain pemasok Michelin juga mengambil alih pembuatan ban MotoGP beserta risetnya. Pembuatan ban Michellin berdasarkan input data dari setiap balapan yang berlangsung sehingga untuk pembuatan ban berikutnya akan menghasilkan produk ban terbaik. Wah ini namanya belajar dari pengalaman loh.

Pada musim MotoGP 2016, Michelin menyiapkan dua jenis ban yakni slick tyre atau ban kering tanpa alur dan wet tyre yakni ban menggunakan alur yang digunakan pada saat permukaan track basah. Jadi kedua ban itu bisa dikondisikan sesuai dengan cuaca di sirkuit.

Ban Michelin mempunyai kode sesuai dengan tipenya yakni hard (keras) yang ditandai garis kuning pada dinding ban dan biasa digunakan untuk kondisi aspal yang panas. Sementara slick medium tidak ada tandanya serta soft hanya diberikan tanda putih. Sedangkan untuk wet tyre juga terdapat tiga tipe yakni tipe basah lembut (terdapat garis biru), tipe wet tyre intermediate (garis abu-abu) dan wet tyre hard (tidak bertanda).

Post a Comment