TheMandalikaGP

MotoGP Inside: Kenali Arti Bendera Yang Dikibarkan Marshall Saat Pertandingan

THEMANDALIKAGP – Pernah melihat bendera dengan warna tertentu dikibarkan Marshalls saat pembalap melintas? Ternyata setiap bendera itu ada pesannya tersendiri loh. Para pembalap pun tidak bisa menghiraukan pesan tersebut karena arti dari masing-masing bendera tersebut ada yang berisi penalti waktu, diskualifikasi, poin dan tanda bahaya.

Bendera Hitam

Bendera hitam dikibarkan saat pembalap di diskualifikasi dari turnamen, selain bendera juga disertai nomor pembalap. Pembalap harus berhenti di akhir lap tersebut dan tidak bisa memulai pertandingan lagi. Bendera dikibarkan setelah ada pemberitahuan ke tim pembalap.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Oranye

Bendera tersebut mengindikasikan bahwa motor mengalami masalah mekanikal yang mungkin akan membahayakan pembalap dan pembalap yang lain, sehingga mereka yang mendapatkan bendera ini harus meninggalkan track.

Bendera Putih

Saat bendera putih dikibarkan, itu menandakan bahwa pembalap memiliki kesempatan untuk mengganti mesin. Tim akan mengindikasikan bahwa track cukup basah untuk mengganti motor dan pada saat kejuaraan menjadi lintasan basah ketika sebelumnya diumumkan bahwa track adalah lintasan kering.

Bendera Putih dengan Silang Merah Diagonal serta Bendera Kuning Bergaris Merah

Meskipun banyak tandanya, tapi bendera dengan pola tersebut mengindikasikan bahwa track menjadi track basah karena hujan sudah mulai turun.

Bendera Biru

Bendera biru menandakan bahwa pembalap itu akan overlap dan mereka harus memberikan jalan pada pembalap yang akan overlap. Jika tiga kali mereka tidak memberikan jalan maka, mereka akan dapat sanksi. Selain itu, bendera biru juga digunakan pada pembalap dari pit yang akan mau masuk ke lintasan atau memberi tahu pembalap lain jika ada pembalap lain yang akan mendekat ke lintasan.

Checkered Flag (Bendera Papan Catur)

Bendera ini memiliki arti bahwa pembalap telah mengakhiri balap dan sudah berada di garis finish.

Bendera Kuning

Bendera kuning ini mengindikasikan berhati-hati, biasanya terjadi kecelakaan atau ada kendaraan pembalap rusak di lintasan sehingga menganggu jalannya pertandingan. Saat bendera kuning di kibarkan, pembalap harus mengurangi kecepatan dan tidak boleh mendahului pembalap. Jika dua bendera kuning dikibarkan, itu tandanya pembalap harus siap-siap berhenti sampai bendera hijau dikibarkan.

Bendera Hijau

Bendera hijau telah dikibarkan menandakan jika pertandingan bisa dilanjutkan seperti semula dan larangan pada saat bendera kuning dikibarkan juga ditiadakan.

Post a Comment