TheMandalikaGP

MotoGP Inside: Kisah Dibalik Nomor Start Ex Pembalap MotoGP

THEMANDALIKAGP – Kisah misteri datang dunia balap yakni peniadaan nomor-nomor tertentu untuk para pembalap gunakan. Nomor pembalap memang sudah menjadi identitas seperti Rossi yang selalu menggunakan nomor 46 sejak ia bergabung dalam MotoGP meskipun ia telah dua kali pindah dari Honda ke Yamaha dan Ducati, selain ada yang tetap menggunakan nomor kebanggaannya, ada juga yang mengganti nomor seperti Jorge Lorenzo dari start 48 menadi 99, Maveric Vinales dari nomor 25 jadi 12 saat MotoGP 2019.

Meskipun ada pergantian nomor ada juga nomor yang tidak boleh dipakai, wah ini ngeri ya! Berbagai alasan dan rumor telah menyebar, namun satu yang masuk akal adalah ada satu nomor yang tidak bisa digunakan lagi karena untuk menghargai pembalap yang sebelumnya memakai nomor itu.

Dorna, dikutip dari otorace.id juga mengaku telah memensiunkan beberapa nomor start, dimulai dari nomor 58 milik Marco Simoncelli yang meninggal dunia akibat crash parah di sirkuit Sepang, Malaysia pada 2011 lalu, nomor 69 yang digunakan Nicky Hayden seorang juara dunia MotoGP 2006 dan yang terbaru adalah nomor 4 karena untuk mengenang Afridza Syach Munandar seorang pembalap Indonesia yang meninggal dunia akibat kecelakaan di ajang Asia Talent Cup (ATC) di sirkuit Sepang, Malaysia pada November 2019 lalu.

Beberapa nomor yang dipensiunkan itu ternyata untuk menghargai para pembalap yang telah meninggal dunia akibat kecelakaan di sirkuit maupun pada saat berlatih. Namun demikian, ada juga yang dipensiunkan untuk menghargai prestasinya karena telah berprestasi

 

Post a Comment