TheMandalikaGP

MotoGP Inside: Kok Bisa Pembalap MotoGP Gak Jatuh Saat Belok?

THEMANDALIKAGP – Masih banyak hal dalam dunia permotoran 1000 cc yang belum kita ketahui baik sejarah maupun tekniknya. Kurang lengkap jika kamu penggemar berat MotoGP tanpa mengetahui jawaban atas pertanyaan kecil nan teknis seperti kenapa ya pembalap MotoGP tidak jatuh saat belok? Padahal kemiringannya sangat ekstrim bahkan kaki pembalap sampai menyentuh aspal segala, keren sih tapi kenapa ya kira-kira?

Dilansir dari situs motogp.com yang menampilkan bagaimana motor para pembalap MotoGP tetap berada di kecapatan yang konstan meski sudutnya dengan aspal sangat kecil. Singkatnya hal ini dipengaruhi oleh hukum fisika yakni gaya sentripetal. Saat  gaya sentripetal didukung dengan dorongan motor, motor akan menjadi tetap stabil di tikungan ditambah dengan gaya normal dan berat pembalap.

 

 

 

Menurut informasi dari kanal youtube MotoGP https://www.youtube.com/watch?v=J73XRDGPcpE pembalap bisa melaju 150 km/jam pada sudut kemiringan  64 derajat tanpa jatuh! Biar gak pusing, tonton videonya aja ya!

Post a Comment