TheMandalikaGP

MotoGP Rencanakan Kembali Ke Mesin 2-Tak Yang Sudah Ramah Lingkungan

THEMANDALIKAGP –  Sejak tahun 2001 MotoGP sudah memberhentikan penggunaan mesin 2-Tak karena memiliki emisi yang terlalu tinggi padahal suara knalpot yang dihasilkan adalah ciri khas MotoGP. Belasan tahun berlalu, MotoGP tengah mempertimbangkan kembali penggunaak mesin 2-Tak karena berbagai faktor seperti mesin 2-Tak saat ini lebih efisien dibandingkan dengan  4-Tak dari sisi injeksi langsung, pressure charging dan teknologi lainnya.

Oleh karena itu mesin 2-Tak terbaru mengalami perubahan dan jauh lebih ramah lingkungan karena saat ini mesin 2-Tak beroperasi dengan hidrogen yang hanya mengeluarkan air pada saat akhir pembakaran.

Ini juga sesuai dengan target MotoGP pada tahun 2025 yang harus bebas karbon. Namun, untuk tansisi ke mesin 2-Tak ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, meski demikian kemungkinan MotoGP mengikuti jejak F1 yang akan menggunakan mesin 2-Tak pada tahun 2025.

Pat Symonds, kepala teknisi F1 mengatakan bahwa jika MotoGP memiliki tujuan yang sama, itu akan mempermudah soal biaya pengembangan. Ditambah dengan mesin 2-Tak saat ini memiliki suara dari knalpot yang bagus dan telah mengalami pembaruan seperti dalm sistem pengapian “Saya rasa mesin 2-Tak memiliki masa depan yang baik pada 2025” ucapnya.

Wah jika MotoGP menggunakan mesin 2-Tak kembali, berarti Valentino Rossi akan merasakan kembali menggunakan mesin 2-Tak

Post a Comment