MotoGP

Aleix Espargaro Angkat Suara Soal Penyebab Error di Catalunya

19 Jun 2022 | 10:43 AM

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro angkat suara soal kesalahan yang dia buat saat hampir menyentuh garis finis di seri Catalunya, yang membuat dirinya melakukan selebrasi lebih cepat padahal masih menyisakan satu lap lagi.

Espargaro mengatakan kesalahan sepenuhnya ada dirinya karena tidak bisa melihat dengan jelas ke papan pit-nya karena papan pit-nya itu terlalu dekat dengan tikungan sirkuit. Alhasil, posisinya disalip pembalap lain seperti Jorge Martin, Johann Zarco, Joan Mir, dan Luca Marini.

Pembalap asal Spanyol itu pun mesti puas finis di posisi keenam dan Fabio Quartararo keluar sebagai juara di seri Catalunya beberapa waktu lalu.

“Maaf, hanya itu yang bisa saya ucapkan. Itu (terlalu cepat melakukan selebrasi) adalah kesalahan yang tidak dapat diterima di level seperti ini dan sepenuhnya kesalahan saya,” ucap Aleix Espargaro dikutip Motorsports (05/06).

Sadar akan kesalahannya, Aleix berusaha untuk mencari tahu tentang lap dan ia melihat ke arah menara. Di menara tertulis bahwa balapan menginjak L1 yang berarti memiliki sisa satu lap lagi.

"Saya melihat ke menara waktu dan di sana tulisannya L1. Jadi, saya melakukan satu lap tersebut. Saya tidak ingat jika di sini di Barcelona, lap terakhir adalah angka 0, bukan 1," kata Espargaro.

Memang, Sirkuit Catalunya memiliki perbedaan dari sirkuit-sirkuit lainnya. Di sirkuit lain, L1 menandakan bahwa masih tersisa satu lap lagi, sedangkan di Catalunya, ketika menginjakkan lap terakhir, angkanya berubah menjadi 0.

Sebetulnya kejadian ini bukan yang pertama kali terjadi di Sirkuit Catalunya. Sebelum Aleix Espargaro, Julian Simon juga pernah mengalaminya pada 2009 di kelas 125cc (sekarang disebut Moto3).