MotoGP

BMW Disebut Tertarik Ambil Posisi Suzuki di MotoGP

19 Jun 2022 | 10:59 AM

Tim pabrikan asal Jerman, BMW Motorrad disebut tertarik untuk menggantikan posisi kosong di MotoGP ketika Suzuki resmi hengkang dari MotoGP tahun ini.

Dilansir Speedweek (13/6), BMW dikabarkan memiliki peluang besar untuk menggantikan Suzuki dibanding beberapa tim lain yang juga tertarik bergabung ke MotoGP. Ditambah lagi faktor finansial yang sangat mumpuni. 

"Buat BMW Motorrad dan BMW AG, MotoGP selalu diperhitungkan. Tapi ini tergantung pada keputusan akhir. Karlheinz Kalbfell (bos BMW Motorsport) dan Dr. Herbert Diess ingin sekali gabung, seperti Hendrik von Kuenheim,” kata salah satu petinggi BMW Motorrad.

“Tapi mereka terhalang oleh dewan direksi BMW AG, dr Schramm (Head of BMW Motorrad) pasti ingin masuk MotoGP juga. Masih harus dilihat apakah dia akan berhasil,” tambahnya.

Seperti  yang diketahui, Dorna Sports lebih menyukai tim pabrikan yang mengisi kekosongan daripada tim satelit dan pemegang hak komersial MotoGP ini pun terbuka untuk melakukan diskusi jika ada tim pabrikan yang benar-benar ingin mengambil alih posisi Suzuki.

"Jika ada pabrikan yang benar-benar tertarik dengan Kejuaraan Dunia MotoGP lalu memutuskan untuk berpartisipasi dan investasi dalam jangka panjang, kami selalu terbuka untuk diskusi," ujar Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.

Selain BMW, ada Pierer Mobility AG yang memegang merek motor KTM, Husqvarna, GASGAS, dan R Raymon dapat menjadi pilihan untuk mengisi posisi tersebut. Namun, tim pabrikan ini masih perlu membuktikan kehebatannya melalui KTM. Terlebih, KTM sendiri sudah menurunkan empat pembalap pada ajang MotoGP ini.

Kawasaki sendiri sudah tidak tertarik lagi dengan MotoGP. Meski begitu, tim satelit yang menaungi Jonathan Rea ini sangat tertarik untuk ikut serta dalam ajang MotoGP. 

Saat ini hanya tersisa lima tim pabrikan, yaitu Yamaha, Honda, KTM, Aprilia, dan Ducati. Akankah BMW benar-benar akan mengambil alih posisi Suzuki?