MotoGP

Bursa Transfer MotoGP 2023 Diprediksi Sengit Usai Suzuki “Cabut”

13 May 2022 | 08:53 AM

Belakangan ini, Suzuki kerap diberitakan akan kedatangan pembalap baru yang siap menggantikan pembalap-pembalap lama mereka. Fabio Quartararo, Enea Bastianini, dan Aleix Espargaro merupakan beberapa nama yang mencuat ketika membahas pembalap mana yang akan berlabuh di tim Suzuki.

Di sela-sela berita kepindahan para pembalap ke tim Suzuki, ada kabar mengejutkan yang tersebar tentang keluarnya Suzuki dari ajang balap motor bergengsi dunia ini. 

Walau belum ada pernyataan resmi dari Suzuki tetapi, ini akan menjadi salah satu faktor yang membuat bursa transfer MotoGP 2023 semakin sengit.

Berita kepergian Suzuki dari MotoGP terlihat masuk akal jika mengingat bahwa kontrak dari dua pembalapnya, Joan Mir dan Alex Rins akan berakhir di Desember 2022. Meski begitu, Suzuki sendiri masih memiliki kontrak hingga 2026 dengan MotoGP.

Berita Fabio Quartararo yang santer diisukan akan pindah ke Suzuki perlahan mulai mereda. Padahal, Quartararo cukup terpesona dengan kekuatan GSX-RR yang terlihat jauh lebih kuat dari M1 Yamaha.

Bursa transfer ini akan semakin sulit untuk ditebak dan layak untuk dinanti jika Suzuki benar-benar pergi dari MotoGP.

Joan Mir, salah satu pembalap dari Suzuki Ecstar pun mulai digadang-gadang akan bergabung dengan tim Honda Repsol pada musim mendatang. Kendati demikian, Mir sendiri masih ingin mempertahankan posisinya di tim Suzuki Ecstar.

Kepastian tim Suzuki akan menjadi sebuah penentuan bagi setiap tim. Sebab, jika benar-benar pergi, maka dapat membuat beberapa tim harus rela mengorbankan beberapa pembalapnya karena faktor perubahan dari grid motor di musim depan.