MotoGP

Dorna Soal Karir Marquez: Jangan Pikirkan Juara Dunia Dulu

13 May 2022 | 08:36 AM

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta menyarankan Marc Marquez untuk tidak memikirkan juara dunia terlebih dulu dan fokus pada balapan individu. Hal ini ia sampaikan mengacu pada cedera diplopia yang kembali Marquez alami saat sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Meski begitu, Ezpeleta mengatakan peluang Marquez untuk memperebutkan juara di setiap seri balapan MotoGP masih terbuka.

“Marquez seharusnya tidak berpikir tentang memenangkan kejuaran dunia, tetapi hanya tentang balapan individu. Namun, musim masih panjang. Kami memiliki 21 Grand Prix [GP] yang dijadwalkan musim ini. itu juga bergantung pada hasil pembalap lain,” kata Ezpeleta.

“Jika semua orang hanya memenangkan satu balapan, Marc masih bisa bersaing memperebutkan gelar jika dia memiliki konsistensi yang diperlukan,” lanjutnya.

Ezpeleta menambahkan, ia berharap pembalap Spanyol itu bisa mengaspal lagi karena cedera diplopia yang Marquez alami tidak terlalu parah, dibanding bulan Oktober 2021 lalu.

“Saya harap dia [Marc Marquez] bisa membalap lagi di Portimao [Portugal]. Jika dia mendapatkan hasil yang bagus di sana, dia memiliki peluang untuk memperebutkan posisi teratas pada 2022,” pungkas Ezpeleta.

Diplopia atau penglihatan ganda dialami Marc Marquez saat sesi pemanasan di MotoGP Mandalika. Sebelumnya, pria berusia 29 tahun ini divonis gegar otak dan kondisi diplopia sendiri baru muncul saat ia tiba di Spanyol.

Marquez sudah dua kali menderita diplopia, yang pertama tahun 2011 dan di penghujung tahun 2021. 

Kala itu, Marquez mengalami kecelakaan saat latihan dan harus absen di dua seri terakhir MotoGP 2021. Padahal sebelum ia mengalami kecelakaan, Marquez tampil apik dengan memenangkan dua seri secara beruntun.

Spesialis Ophthalmology, Javier Coloma pun memperingatkan Marc Marquez agar tidak sering terjatuh dari motor dan mengalami kecelakaan demi mempertahankan karirnya di MotoGP.

Kendati demikian, Coloma optimis keadaan Marquez akan berangsur pulih karena pembalap Honda tersebut sudah dua kali mengatasi diplopia dengan baik.

 

“Saya optimis terhadap pemulihan Marquez. Dia mampu dua kali mengatasi kondisi ini dan pemulihan berjalan bagus. Kita harus menunggu efek dari diplopia yang dialami,” tutur Coloma.