Superbike

Ini 10 Jenis Bendera Pada Balapan World Superbike

27 Jul 2022 | 04:32 AM

Hampir semua jenis balapan pasti akan diakhiri dengan dikibarkannya bendera chequered flag, atau bendera kotak-kotak berwarna hitam dan putih. Bendera ini merupakan bendera yang ditunggu oleh para pembalap, terutama pembalap yang berada pada posisi paling depan. 

Namun, chequered flag bukanlah satu-satunya bendera yang ada pada ajang balapan, melainkan merupakan salah satu dari sekian banyaknya bendera, dengan fungsi yang berbeda-beda.

Penggunaan bendera sendiri ditujukan sebagai acuan bagi para pembalap untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di lintasan. Oleh karena itu, penting bagi para pembalap untuk mengerti setiap arti dari bendera yang dikibarkan pada jalannya balapan.

Arti dari setiap bendera pun bisa berbeda-beda, tergantung ajang balap yang dilombakan, termasuk juga World Superbike. Oleh karena itu, untuk lebih memahami apa saja arti bendera pada ajang World Superbike, berikut adalah jenis-jenis bendera yang digunakan pada ajang World Superbike, seperti yang dikutip dari Sporting Regulations FIM World Superbike 2022.

1. Bendera Hijau

Bendera hijau merupakan bendera yang dikibarkan untuk menandakan bahwa kondisi lintasan aman, atau menjadi tanda dimulainya sebuah sesi. Bendera ini biasanya dikibarkan pada pada pintu keluar pit dan juga di belakang starting grid, untuk menandakan bahwa balapan bisa dimulai.

Bendera hijau juga akan dikibarkan untuk menandakan lintasan sudah kembali aman, apabila terjadi kecelakaan ataupun bahaya pada sektor sebelumnya.

2. Bendera Kuning Setrip Merah

Bendera ini dikibarkan untuk menandakan adanya gangguan pada permukaan aspal lintasan, seperti serpihan, ceceran oli, atau gravel, sehingga pembalap bisa berhati-hati.

3. Bendera Putih dan Putih dengan Silang Merah

Kedua bendera ini menandakan adanya hujan yang memengaruhi lintasan. Perbedaan dari kedua bendera ini, terletak pada tingkat hujan yang ada. 

Apabila hujan sudah mempengaruhi kondisi lintasan maka, bendera putih dengan silang akan dikibarkan. Tetapi, apabila hujan sudah turun di beberapa bagian lintasan namun belum memengaruhi kondisi lintasan, alhasil bendera putih saja yang akan dikibarkan.

4. Bendera Biru

Bendera biru berfungsi untuk memberitahukan seorang pembalap bahwa akan ada pembalap lebih cepat yang akan menyusulnya pada saat sesi latihan dan kualifikasi, ataupun pemimpin balapan yang akan melakukan overlap. Pembalap yang dikibarkan bendera biru harus tetap berada di racing line-nya dan memberikan jalan bagi pembalap yang akan menyusulnya pada kesempatan pertama. Pembalap yang gagal untuk mematuhi aturan tersebut akan dikenakan penalti.

5. Bendera Chequered Flag

Bendera ini berfungsi untuk menandakan bahwa suatu sesi yang dijalankan, baik itu sesi latihan, kualifikasi atau race telah berakhir.

6. Bendera Kuning

Bendera kuning merupakan bendera yang secara umum menunjukkan adanya bahaya atau gangguan pada sesi yang berjalan. Banyak hal yang menyebabkan dikibarkannya bendera kuning, seperti pembalap terjatuh, pembalap mengalami masalah di grid, atau adanya benda yang menghalangi lintasan.

Saat bendera kuning dikibarkan, semua pembalap harus memelankan laju motornya dan juga berhati-hati. Pembalap juga tidak boleh melakukan overtaking hingga bendera hijau kembali dikibarkan. Apabila pembalap gagal mematuhi aturan tersebut, maka pembalap akan dikenakan penalti.

7. Bendera Merah

Apabila ada kecelakaan atau kondisi lintasan yang mengharuskan perhatian khusus seperti medis dan perbaikan besar, maka bendera merah akan dikibarkan, dan semua pembalap diharuskan kembali ke pit. Balapan akan dihentikan sementara waktu, hingga race direction memberikan keputusan untuk melanjutkan atau menghentikan balapan.

8. Bendera Hitam

Biasanya pembalap yang melakukan pelanggaran berulang atau tidak melaksanakan penalti yang dijatuhkan akan didiskualifikasi dan diberikan bendera hitam. Bendera hitam akan ditunjukkan dan marshal akan menampilkan nomor pembalap yang didiskualifikasi. Pembalap yang diberikan bendera hitam harus masuk ke pit pada akhir lap sejak bendera hitam dikibarkan.

9. Bendera Hitam dengan Bundaran Warna Oranye

Apabila ada pembalap mengalami masalah motor yang dapat membahayakan pembalap lain di lintasan, maka pembalap tersebut akan ditunjukkan bendera hitam dengan bundaran warna oranye. Pembalap tersebut harus berhenti dan keluar dari lintasan saat itu juga.

Itulah jenis-jenis bendera yang ada di World Superbike. Tidak hanya pembalap, penting juga bagi fans untuk mengerti arti-arti dari bendera yang ada, sehingga bisa tahu apa yang sedang terjadi di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada bulan November nanti.