Superbike

Kenal Lebih Dekat Kompetisi Shell Eco-marathon yang Digelar di Sirkuit Mandalika

15 Sep 2022 | 05:59 AM

Kompetisi Shell Eco-marathon bakal menyambangi Pertamina Mandalika International Circuit tanggal 11-15 Oktober 2022  mendatang. Lantas, apa itu Shell Eco-marathon?

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di dunia. Kompetisi ini bertujuan untuk mengeksplorasi solusi transportasi dan tantangan energi masa kini untuk masa depan.

Kategori Kompetisi Shell Eco-marathon

Ada tiga kategori lomba yang diujikan yaitu, Challenger, Regional, dan World Championship Series.

Pertama, kategori Challenger. Kategori ini dikhususkan untuk pemula di Shell Eco-marathon atau bisa disebut mereka yang ingin menyempurnakan kendaraan jelang kompetisi Regional.

Kedua, kategori Regional. Terdiri dari kumpulan mahasiswa yang sudah berpengalaman lalu kembali berinovasi dalam skala wilayah Amerika, Asia, dan Eropa.

Terakhir, kategori World Championship. Terdiri dari mahasiswa yang sudah mencapai tingkat efisiensi energi tertinggi di tiap wilayah yang harus membuktikan bahwa mereka bisa mempertahankan efisiensi energi paling maksimum di kelas dunia.

Ada pula dua jenis penghargaan di ajang Shell Eco-marathon yang mencakup On-track dan Off-track.

Sementara tipe penghargaan di dalam kompetisi di luar sirkuit yaitu, Technical Innovation Award, Safety Award, Best Design Award, Communications Award, dan People's Choice Award yang dipilih secara online.

Jenis Kendaraan yang Dibuat Shell Eco-marathon

Beralih ke jenis kendaraan yang dibuat di Shell Eco-marathon yaitu, Prototype dan Urban Concept.

Jenis Prototype maksudnya kendaraan futuristik yang dibuat untuk memaksimalkan efisiensi sumber energi dengan elemen desain yang inovatif.

Sedangkan Urban Concept merupakan jenis kendaraan yang desainnya konvensional roda empat dan hemat energi sesuai kebutuhan riil transportasi di daerah perkotaan.

Ada juga pilihan jenis sumber energi yang digunakan di antaranya:

1. Bahan bakar mesin pembakaran dalam atau Internal Combustion Engine:

- Bensin

- Solar

- Etanol

- Compressed Natural Gas (bahan bakar cair yang terbuat dari gas alam)

2. Kategori untuk mobilitas listrik alias kendaraan yang digerakan oleh sel bahan bakar:

- Hidrogen

- Baterai berbasis lithium