Superbike

Kenali Format Balap World Superbike, Tiga Race Dalam Satu Putaran

27 Jul 2022 | 04:43 AM

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1988, kejuaraan dunia World Superbike atau yang biasa disebut WSBK mempunyai ciri khas tersendiri yaitu, menggunakan basis motor yang dijual secara massal, dan ada dua balapan yang digelar pada hari Minggu untuk setiap putarannya.

Format dua balapan sendiri tidak mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Beberapa perubahan kecil terjadi pada 2016, di mana hari balapan pertama dipindahkan dari hari Minggu ke hari Sabtu serta perubahan untuk sesi lain seperti kualifikasi dan latihan bebas.

Pada tahun 2019, World Superbike kembali melakukan perubahan format balapannya. World Superbike menambahkan satu sesi balapan pada hari Minggu, sehingga dalam satu putaran terdapat 3 balapan yaitu, satu balapan di hari Sabtu dan dua balapan diselenggarakan pada hari Minggu. Format ini masih bertahan hingga sekarang. 

Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana format balap World Superbike pada setiap putarannya, berikut penjelasan secara rinci seperti yang dikutip dari Sporting Regulations FIM World Superbike 2022.

Secara keseluruhan, pada setiap putarannya terdapat dua sesi di hari Jumat, tiga sesi di hari Sabtu, dan tiga sesi di hari Minggu.

Jumat

1. Sesi Latihan Bebas 1

Sesi latihan bebas 1 berlangsung selama 45 menit dan biasanya akan dimulai pada pukul 10.30 waktu setempat. Pada sesi latihan bebas ini, pembalap dan tim akan mencoba lintasan untuk pertama kalinya, serta mencoba mencari set-up dasar yang akan digunakan untuk putaran tersebut.

2. Sesi Latihan Bebas 2

Sesi latihan bebas ini mempunyai format yang sama dengan sesi latihan bebas 1. Perbedaannya hanya terletak pada waktu pelaksanaan yang dilakukan pada sore hari yaitu, pukul 15.00 waktu setempat. Pada sesi ini, pembalap dan tim akan mencoba memperkuat set-up motor mereka, dan melakukan simulasi keausan ban untuk sesi Race.

Sabtu

1. Sesi Latihan Bebas 3

Pada sesi ini, pembalap dan tim diberikan waktu 30 menit untuk mengkonfirmasi dan meningkatkan set-up motor yang akan dipakai pada sesi Superpole dan Race 1 di siang dan sore hari. Sesi ini biasanya diselenggarakan pada pagi hari yaitu, pukul 09.00 waktu setempat.

2. Sesi Superpole

Pada sesi yang berlangsung hanya 15 menit ini, para pembalap akan berusaha untuk mencatatkan catatan waktu tercepat, guna mendapatkan posisi start untuk balapan 1. Pembalap dengan waktu tercepat berhak mendapatkan gelar pole position, dan juga petak pertama pada garis start. Sesi ini biasa diselenggarakan pukul 11.10 waktu setempat.

3. Sesi Race 1

Sesi Race 1 merupakan sesi balapan pertama yang diselenggarakan pada pukul 14.00 waktu setempat, dan mempunyai jarak minimum 85 kilometer, serta jarak maksimum 110 kilometer. 

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, sesi ini merupakan sesi dimana para pembalap akan bertarung untuk menjadi yang terdepan dan memenangkan balapan.

Pembalap yang finish di posisi 15 besar berhak mendapatkan poin, mulai dari pemenang balapan yang akan mendapatkan 25 poin, posisi kedua mendapatkan 20 poin, posisi ketiga mendapatkan 16 poin, dan seterusnya, hingga pembalap yang finish di urutan ke 15 dengan 1 poin.

Minggu

1. Sesi Warm-up

Sesi yang berlangsung selama 15 menit ini merupakan kesempatan terakhir bagi para pembalap dan juga tim untuk melakukan perubahan set-up demi mendapatkan hasil yang lebih baik pada sesi Superpole Race dan Race 2. Sesi ini biasanya berlangsung pukul 09.00 waktu setempat.

2. Sesi Superpole Race

Superpole Race merupakan sesi Race yang hanya berlangsung 10 lap, di mana para pembalap akan bertarung untuk menjadi yang terdepan dan mendapatkan posisi start terdepan di balapan ke 2. 

Pada sesi tersebut, pembalap yang finish di urutan 9 besar akan mendapatkan poin dan juga posisi start di Race 2 sesuai dengan urutan finish mereka pada sesi ini. Pemenang Superpole Race akan mendapatkan 12 poin dan posisi start pertama di Race 2, posisi kedua akan mendapatkan 9 poin dan posisi start kedua pada Race 2, seterusnya hingga posisi sembilan yang akan mendapatkan 1 poin serta posisi start kesembilan di balapan 2. Sesi ini biasanya diselenggarakan pada pukul 11.00 waktu setempat.

3. Sesi Race 2

Sama seperti sesi Race 1, sesi Race 2 juga mempunyai jarak minimum dan maksimum yang sama dengan sesi balapan 1. Race ini juga diselenggarakan pada jam yang sama yaitu pukul 14.00 waktu setempat.

Sesi Race 2 merupakan sesi balapan terakhir bagi para pembalap untuk menjadi pemenang pada satu putaran World Superbike. Pembalap yang finish di urutan 15 besar juga akan mendapatkan poin yang sama seperti pada Race 1 yaitu 25 poin untuk pemenang balapan hingga 1 poin untuk pembalap yang finish di urutan kelima belas.

Berikut adalah format balap pada satu putaran World Superbike yang bisa kamu jadikan acuan saat sedang menonton balapan World Superbike di Mandalika bulan November mendatang.