Superbike

MGPA Pastikan KTT G20 Bali Tak Ganggu WSBK Mandalika 2022

15 Sep 2022 | 05:55 AM

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali tidak akan mengganggu jalannya balapan World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit, tanggal 11-13 November mendatang.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pesawat-pesawat yang ditumpangi peserta KTT G20 Bali bakal parkir di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Oleh sebab itu, dikhawatirkan ada masalah dalam hal pengaturan penerbangan karena KTT G20 Bali bakal dilaksanakan tanggal 15 November 2022.

"WSBK ini harus on schedule karena jadwalnya tidak bisa dipindahkan semuanya. Seminggu kemudian kan balap di Australia, jadi ini balap memang nggak bisa ubah-ubah tanggal," kata Direktur MGPA Priandhi Satria di Jakarta, (6/9).

"Sekarang kita mau gelar balap WSBK. Ada G20, pesawat G20 ini parkir di Lombok, kita harus mengatur itu," lanjut Priandhi.

Demi mempersiapkan ajang balap World Superbike di Pertamina Mandalika International Circuit tanggal 11-13 November, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan MGPA tengah mematangkan track improvement yang dijadwalkan rampung pada 30 September.

Track improvement sendiri dilaksanakan atas permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Pelaksanaan track improvement meliputi pengaspalan di lintasan sirkuit, penambahan pelebaran run off di enam tikungan, dan penambahan ban sebagai pelindung di beberapa area tembok pembatas sirkuit.

Akibat pengerjaan track improvement, MGPA harus menutup sementara Pertamina Mandalika International Circuit untuk masyarakat umum sampai 1 Oktober 2022.

ITDC dan MGPA pun berkoordinasi dengan Dromo dan PT Pembangunan Perumahan (PP) untuk "mengebut" track improvement sirkuit.

Dromo dan PT PP melakukan pembongkaran area gravel bed di tikungan 10, 11, dan 12 serta membersihkan area gravel untuk pelebaran run off sirkuit.

Tak hanya melakukan track improvement, ITDC dan MGPA juga sedang berupaya untuk mendapatkan homologasi roda empat dari FIA bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) agar dapat melaksanakan kejuaraan internasional roda empat.

Sebelumnya pihak FIA sudah memberikan catatan dan rekomendasi untuk membenahi sirkuit, salah satunya dengan membenahi area pit-in.

"Kami juga berharap FIA dapat sekaligus homologasi sirkuit dan mudah-mudahan di tahun depan, Pertamina Mandalika International Circuit dapat menjadi tempat untuk perhelatan berbagai balap roda empat," pungkas Priandhi.