MotoGP

Suzuki Cabut, Alex Rins Belum Tahu Pindah ke Tim Mana

19 Jun 2022 | 10:28 AM

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins mengatakan bahwa dirinya belum bisa memberikan keputusan ke tim mana dia akan berlabuh, pasca hengkangnya tim Suzuki dari MotoGP tahun ini. Namun, Rins memastikan akan tetap bertahan di kejuaraan balapan motor bergengsi, MotoGP.

Pria berusia 26 tahun itu pun menyebut bahwa manajernya sudah mulai melakukan pembicaraan dengan sejumlah tim. Meski demikian, Rins tetap harus memilah tim mana yang cocok untuk dirinya.

“Saya baik-baik saja, tidak mudah untuk mengesampingkan semua yang terjadi dan berkendara dengan tenang,” kata Rins dikutip dari Motosan (11/6).

“Kami akan melihat di masa depan di mana kami berada. Keputusan ini rumit. Tidak ada dalam rencana saya untuk pergi ke tempat lain, tetapi Anda dipaksa (karena Suzuki mengundurkan diri dari MotoGP,” tambahnya.

Sejauh ini, hanya ada satu slot di tim Honda jika Rins ingin memperkuat tim pabrikan. Namun, perlu menjadi catatan bahwa Pol Espargaro tidak memperpanjang kontraknya dengan  Honda dan Polyccio menerima tawaran KTM, untuk memperkuat Tech3.

Kabar burung pun menyebut bahwa rekan setimnya, Joan Mir diisukan bakal menjadi tandem Marc Marquez musim depan.

Jika rumor Mir ke Honda betul terjadi, Alex Rins menyebut bergabung dengan tim satelit Aprilia, RNF Racing mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. 

“Saya tidak tahu kapan sesuatu akan diketahui (pindah ke tim lain dari Suzuki). Kami punya beberapa opsi di atas meja, manajer saya sedang berbicara dengan tim. Semoga kami ada di kejuaraan dunia pada 2023,” tegas Rins.

Namun, jika Rins memutuskan berlabuh ke RNF Racing musim depan akan ada satu kendala yaitu upah atau gaji.

Sebab, suka tidak suka pembalap asal Spanyol itu harus rela memangkas gaji dari yang ia dapatkan bersama tim pabrikan Suzuki. Lalu, jika Rins tidak bergabung dengan tim baru, dia bakal absen di MotoGP musim depan.