TheMandalikaGP

Presiden Jokowi Tinjau Persiapan Pembangunan Sirkuit Mandalika 

THE MANDALIKAGP, MANDALIKA, LOMBOK TENGAH- Hari ini 17 Mei 2019, Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah, meninjau persiapan penyelenggaraan balap motor dunia MotoGP di The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Presiden beserta rombongan disambut oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, serta seluruh jajaran manajemen ITDC. Selama di lokasi, Presiden Jokowi mendapatkan penjelasan langsung dari Direktur Utama ITDC mengenai progres proyek pembangunan Mandalika Street Circuit dan persiapan penyelenggaraan event MotoGP Mandalika 2021.

Kehadiran Presiden Jokowi di The Mandalika ini semakin menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung penyiapan infrastruktur pendukung penyelenggaraan Mandalika MotoGP 2021. Dukungan pemerintah, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas ke kawasan diwujudkan melalui pembangunan akses jalan langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL)-The Mandalika yang akan dilaksanakan Kementerian PUPR dengan nilai proyek sebesar Rp1,4 triliun, perpanjangan runway BIL, pengembangan Pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal, serta pembangunan infrastruktur di sekitar kawasan.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer percaya kunjungan Presiden Joko Widodo akan semakin memicu semangat bagi ITDC sebagai pengembang dan pengelola The Mandalika, agar terus fokus dalam mempersiapkan event balap motor MotoGP Mandalika 2021.

Hingga saat ini progres pembangunan street circuit Mandalika sudah meliputi survey lokasi, topografi, pemasangan pagar, land clearing, serta penyusunan design sirkuit/homologasi, yang akan dilanjutkan dengan proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design). Pembangunan badan jalan sendiri ditargetkan dapat dimulai pada bulan Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada Triwulan II 2020.

Post a Comment