TheMandalikaGP

Putuskan Closed Door Event, Poncharal Perjuangkan Kehadiran Media Saat Race Berlangsung

THEMANDALIKGP – Herve Poncharal, Presiden IRTA sekaligus pemilik Tech 3 Team memberikan pendapatnya terkait dengan kondisi event MotoGP yang akan segera memulai race pertamanya. Sebelumnya CEO Dorna Sports menyatakan bahwa akan ada beberapa perubahan dalam pelaksanaan MotoGP tahun ini seperti pengurangan staff yang terlibat di paddock dan event tanpa penonton.

Sebagai Presiden IRTA Poncharal satu suara dengan Dorna Sports bahwa event MotoGP, Moto2 dan Moto3 diselenggarakan tertutup tanpa penonton. Hal ini dikarenakan saat ini dunia masih berperang dengan pandemi covid-19 yang juga membuat perekonomian dunia jadi berubah.

Baginya MotoGP adalah cermin kecil dari dunia, jika diibaratkan dunia adalah tim dan ECB (European Central Bank) adalah Dorna dan Bridgepoint, keduanya berperan dalam menyelamatkan event MotoGP. Dorna dan Bridgepoint sudah menyetujui untuk mendukung finansial tim satelit selama 3 bulan kedepan dan ini adalah awal yang baik.

FIM, IRTA, MSMA dan Dorna Sports tengah bahu membahu mencari solusi agar MotoGP dan rangkaiannya dapat dilangsungkan tahun ini. Meskipun 99% dipastikan bahwa tidak akan ada penonton yang hadir dalam event tersebut. Rencananya bulan Juni mendatang akan dilakukan meeting terkait dengan pelaksanaan MotoGP musim 2020

“First of all we are trying to make the teams survive, then we are preparing for different possible scenarios, as I said, we are thinking of racing behind closed doors, but it is also important for local gov to minimize the number of people involved”

Poncharal juga mengomentari beredarnya surat IRTA terkait peniadaan tim media pada saat event berlangsung. Menurut Poncharal, saat ini fokus utama adalah menghadirkan tim dan pembalap kemudian ia akan memperjuangkan para jurnalis yang bekerja untuk memberitakan MotoGP diseluruh dunia, terlebih lagi ada jutaan fans MotoGP yang tersebar diberbagai belahan dunia. Bagi Poncharal, jurnalis adalah bagian terpenting dari MotoGP selain official website, maka ia menyarankan penggunaan teknologi seperti video conference.

“Our viewers must have the best information possible,I will fight to have journalists at the race”

Hal lain yang juga ia klarifikasi yakni maraknya pemberitaan terkait peniadaan Moto2 dan Moto3. Poncharal menampik pemberitaan ini, saat ini semuanya memiliki satu tujuan yakni melangsungkan MotoGP dan rangkaiannya seperti Moto2 dan Moto3.

Post a Comment