TheMandalikaGP

Road to MotoGP Jadi Ajang Pengembangan Diri Para Pembalap Muda MotoGP

THEMANDALIKAGP – Pada tahun 2020, pembalap yang memiliki pengalaman di FIM CEV Repsol, Red Bull MotoGP ™ Rookies Cup dan Idemitsu Asia Talent Cup akan tetap berada di puncak.

Berkat kerja keras dan tanpa henti oleh Dorna Sports, program Road to MotoGP ™ muncul sebagai platform kesuksesan yang nyata bagi puluhan pembalap muda yang berusaha menggapai impiannya yakni menjadi Juara Dunia MotoGP ™. Jalan menuju puncak kemenangan, dijabarkan dengan jelas karena sejumlah negara sudah memiliki sarana yang memungkinkan bintang masa depan memulai perjalanan mereka menuju kesuksesan.

Pada musim 2020 nanti akan menampilkan pembalap yang telah mengikuti kejuaraan seperti FIM CEV Repsol, Red Bull MotoGP Rookies Cup atau Idemitsu Asia Talent Cup dan Moto3 ™ digadang menjadi sumber terbaik tahun ini.

Dari 31 pembalap yang saat ini menjadi grid, 29 dari mereka sebelumnya sudah pernah berpartisipasi dalam FIM CEV Repsol, 17 di Red Bull MotoGP Rookies Cup dan enam di Idemitsu Asia Talent Cup. Tiga pembalap memiliki pengalaman di FIM CEV Championship Repsol telah dinobatkan menjadi Juara di Moto3 ™ Junior World Championship: Dennis Foggia (Leopard Racing) pada 2017, Raul Fernandez (Red Bull KTM Ajo) pada 2018 dan Jeremy Alcoba (Kömmerling Gresini Moto3) di 2019.

Jakub Kornfeil (Balap BOE Skull Rider Mugen), Ayumu Sasaki (Red Bull KTM Tech 3) dan Carlos Tatay (Reale Avinita Arizona 77) telah memenangkan gelar Red Bull MotoGP Rookies Cup di tahun-tahun sebelumnya, dengan Sasaki juga memenangkan Idemitsu Asia Talent Cup pada 2015 sebelum kemenangan Rookies 2016-nya. Kaito Toba (Red Bull KTM Ajo) dan rekan setim 2020 Deniz Öncü juga memenangkan IATC.

Kejuaraan Dunia Moto2 ™ juga memiliki pembalap yang telah naik melalui peringkat Road to MotoGP ™. 22 dari 29 pembalap di kelas menengah memiliki pengalaman dalam FIM CEV Repsol, delapan diantaranya telah berpartisipasi dalam Piala Rookies dan dua di IATC. Empat pembalap memiliki gelar FIM CEV Repsol antara lain Lorenzo Dalla Porta (Tim Balap Italtrans), Nicolo Bulega (Federal Oil Gresini Moto2), rekan setimnya Edgar Pons dan Jesko Raffin (NTS RW Racing GP). Kemudian, tiga pembalap memiliki gelar Piala Rookies untuk disangga: Jorge Martin (Red Bull KTM Ajo), Lorenzo Baldassarri (FlexBox HP 40) dan Bo Bendsneyder (NTS RW Racing GP).

Sangat mudah untuk melihat kesuksesan Kejuaraan Repsol dan Piala Rookies FIM CEV sebagai tempat berkembang para pembalap menuju panggung Dunia. Bahkan MotoGP ™ memiliki jumlah pembalap yang memiliki pengalaman dalam FIM CEV Repsol, tepatnya 15, dengan tiga pembalap di Rookies Cup: Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar), Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Bertepatan dengan Champions of a Road to MotoGP ™, ada enam pembalap kelas utama yang tertua di antara mereka adalah Tim Balap Aprilia, Gresik Aleix Espargaro, pembalap Spanyol yang memenangkan mahkota FIM CEV Repsol 125cc pada tahun 2004. Adik laki-laki Pol Espargaro (Balap Pabrik KTM Red Bull), Maverick Viñales (MotoGP Monster Energy Yamaha) dan Alex Rins (Tim Suzuki) Ecstar), Alex Marquez (Tim Repsol Honda) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) pemenang ganda Kejuaraan Dunia Junior.

Dengan FIM CEV Repsol, Rookies Cup, IATC, British Talent Cup dan Northern Talent Cup yang menjadi tuan rumah bagi banyak pembalap muda yang menjanjikan, masa depan tetap cerah bagi Road to MotoGP ™ untuk terus berkembang. Siapa yang akan kita lihat sebagai pesaing Kejuaraan Dunia di tahun mendatang?

 

Post a Comment