TheMandalikaGP

Sejarah Sirkuit Assen Yang Tak Pernah Absen Kejuaraan Dunia Selama 75 Tahun

THEMANDALIKAGP – Akibat dari pandemi Covid-19, Dorna Sports terpaksa menunda Dutch GP yang dilaksanakan di TT Assen bertepatan dengan hari jadi sirkuit tersebut ke 90 tahun. Oleh karena itu Dorna Sports melalui CEO nya Carmelo Ezpeleta menyayangkan penundaan harus dilakukan di sirkuit yang paling bersejarah sepanjang MotoGP berlangsung.

 

Source: https://www.ttcircuit.com/en/

Berikut adalah rilis resmi dilansir dari ttcircuit.com

Kejuaraan motor pertama Dutch TT diselenggarakan pada Sabtu, 11 Juli 1925 di Borger dan Schoonloo dengan lintasan sederhana sepanjang 28.4 km. Kemudian ditahun berikutnya Dutch TT pindah ke Assen dimana memiliki trek sepanjan 16.5 km. Dutch TT Assen ini digunakan setiap tahun, kecuali pada masa Perang Dunia pada 1940 hingga 1945.

Kemudian pengelola sirkuit Assen yang awalnya dari Motorclub Assen menjadi Stichting Circuit van Drenthe, sementara Perang Dunia Kedua menyebabkan sirkuit Assen tidak beroperasi selama 6 tahun lamanya. Setahun setelah Perang Dunia pada 1946, sirkuit Assen kembali beroperasi hanya untuk kejuaraan nasional dan kemudian pada 1947 sirkuit tersebut mulai kembali dibuka untuk kejuaraan internasional.

Pada tahun 1955 sirkuit Assen direkonstruksi ulang dan selesai di renovasi pada 1984. Pada tahun 1989 pun sudah ada fasilitas sirkuit yang direnovasi dan berkembang, serta lebar sirkuit menjadi 10 meter.

Kemudian pada tahun 1992 sirkuit Assen secara permanen dihapus dari sistem jalanan untuk umum pertama kali.

 

 

Sirkuit ini tidak pernah absen menjadi venue balap sejak kejuaraan balap motor pertama pada tahun 1925 dan sudah 75 tahun lamanya sirkuit Assen menjadi arena balap. Bisa dibayangkan banyaknya momen dan sejarah yang sudah dibuat di sirkuit tersebut.

Setiap balapan di sirkuit Assen ini bisa mengumpulkan penonton lebih dari 165,000 dari seluruh dunia dan dari latar belakang serta umur yang berbeda-beda. Sampai saat ini sikruit Assen masih menunggu penetapan jadwal oleh Dorna Sports ditahun 2021 mendatang. Untuk tiket pengelola sirkuit Assen menyampaikan bahwa tiket yang telah dibeli akan tetap berlaku.

Post a Comment