TheMandalikaGP

Setelah Thailand GP, Apakah America GP Juga Terancam Ditunda?

THEMANDALIKA – Digadang-gadang menjadi seri pembuka MotoGP pada 3-5 April mendatang, Sirkuit Austin juga terancam dibatalkan. Setelah sebelumnya Dorna Sports, FIM dan IRTA telah membatalkan Qatar GP dan menunda Thailand GP pada Oktober tahun ini, Pemerintah daerah Austin telah menyatakan status darurat wabah virus Covid-19 atau virus corona di daerah tersebut.

Event besar seperti MotoGP yang mendatangkan ribuan penonton dari seluruh dunia, bisa menimbulkan potensi penyebaran covid-19 yang cukup luas. Kegiatan Austin yang menjadi korban dari penyebaran virus corona adalah festival South by Southwest yang direncanakan pada 13-22 Maret 2020 itu bisa membawa 70 ribu penonton lebih sedikit dari MotoGP yakni 120 ribu penonton dalam tiga hari saja.

Negara Italia sebagai negara yang paling berpangaruh dalam perhelatan MotoGP memutuskan untuk mengisolasi beberapa wilayah untuk menekan penyebaran virus yang berbahaya tersebut mulai dari 8 Maret hingga 3 April 2020. Salah satu wilayah yang terkena dampak isolasi adalah Pesaro Urbino, tempat tinggal pembalap Valentino Rossi, Franco Morbidelli dan Francisco Bagnaia.

Pengisolasian wilayah di Italia tersebut bisa mempengaruhi jadwal MotoGP Amerika Serikat karena sesuai dengan perjanjian yang dibuat Dorna Sports dan FIM bahwa jika ada satu pembalap dan satu kru tim yang tidak bisa tampil maka balapan tidak bisa digelar.

 

Post a Comment