TheMandalikaGP

Tangkap Ribuan Foto Perdetik, Seperti Ini Teknologi Media Dibalik Balap MotoGP!

THEMANDALIKAGP РKalian semua pasti bertanya-tanya mengenai bagaimana cara kerja kamera yang terpasang di sirkuit MotoGP sehingga menghasilkan gambar dengan angle dan resolusi yang luar biasa tinggi. Ternyata balap MotoGP yang kita tonton dan foto-foto terbaik yang beredar di jagad maya adalah hasil dari Tata Communication. Sebuah perusahaan broadcasting yang digunakan pada  kejuaraan dunia MotoGP.

Dilansir dari motorsport.com Tata Communication memiliki jam tayang sebanyak 28,000 jam per musim dan menempatkan kamera di lebih dari 150 view yang berbeda serta 25 kamera yang diposisikan disekitar sirkuit, 120 onboard kamera dan beberapa di pitlane serta kamera gyro untuk mengambil gambar keren via udara menggunakan helikopter! Luar biasa banyak ya kameranya. Selain itu mereka juga menggunakan kamera onboard 360 derajat yang terhubung dengan 59 media di seluruh dunia.

Ternyata penempatan kamera sebanyak itu tidak serta merta digunakan untuk mengambil momen berharga saat pertandingan berlangsung, tapi juga bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan para teknisi dan performa pembalap termasuk permasalahan pada ban, kesalahan pembala dan braking point pembalap.

Inovasi lainnya yang juga digunakan oleh Dorna sports adalah kamera 360 derajat yang dapat mengambil gambar sebanyak 2.500 frame per detik, wah cepat sekali! Tayangan MotoGP yang kita saksikan di televisi juga bagian dari Tata Communication, mereka menggunakan fibre optic untuk mengurangi waktu delay pada saat live.

 

Post a Comment